Sunday, October 7, 2012

SIKAP AHLUS SUNNAH TERHADAP MU'AWIYAH DAN PERTIKAIANNYA DENGAN ALI

Oleh
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsari


KEUTAMAAN MU'AWIYAH BIN ABI SUFYAN RADHIYALLAHU 'ANHU
Imam Ahmad meriwayatkan di dalam Musnad-nya, dari Abdurrahman bin Abi Umairah al Azdi, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menyebut Mu'awiyah dan berkata: "Ya, Allah. Jadikanlah ia orang yang menuntun kepada hidayah dan berilah ia hidayah".[1]

Ishaq bin Rahuyah berkata,"Tidak ada satupun hadits yang shahih tentang keutamaan Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu ; (dan) an Nasaa-í juga berkata demikian."

Hadits yang paling kuat dalam masalah ini adalah hadits Abdurrahman bin Abi Umairah di atas.

Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma telah memuji Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu atas ilmu fiqih yang dimilikinya. Imam al Bukhari meriwayatkan di dalam Shahih-nya, dari jalur Nafi' bin Umar dari Ibnu Abi Mulaikah, bahwasanya ada yang berkata kepada Ibnu Abbas: "Mengapa Anda tidak menasihati Amirul Mukminin Mu'awiyah? Sesungguhnya dia hanya berwitir satu rakaat saja!"

"Benar," katanya,"Dia adalah seorang faqih!"[2]

Ibnu Abbas juga mengabarkan, Mu'awiyah termasuk sahabat Nabi. Imam al Bukhari meriwayatkan dari jalur Utsman bin al Aswad dari Ibnu Abi Mulaikah, ia berkata: "Mu'awiyah mengerjakan witir satu rakaat setelah Isya', sedang maula Ibnu Abbas melihatnya. Diapun melaporkannya kepada Ibnu Abbas. Beliau berkata,'Biarkan, sesungguhnya ia telah menyertai Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam'.[3]"



Di antara keutamaan Mu'awiyah, dia merupakan panglima pertama yang berperang mengarungi lautan. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengabarkan hal itu. Imam al Bukhari meriwayatkan dalam Shahih-nya, dari hadits Ummu Haram Radhiyallahu 'anha, bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أَوَّلُ جَيْشٍ مِنْ أُمَّتِي يَغْزُونَ الْبَحْرَ قَدْ أَوْجَبُوا

"Pasukan pertama dari umatku yang berperang mengarungi lautan telah dipastikan bagi mereka (yakni surga)".[4]

Mu'awiyahlah yang bertindak sebagai panglima angkatan laut tersebut. Angkatan laut kaum Muslimin berperang mengarungi lautan pada masa kekhalifahan beliau. Pasukan tersebut dipimpin oleh puteranya, Yazid.

Imam al Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari jalur Muhammad bin Yahya bin Hibban, dari Anas bin Malik dari bibinya, Ummu Haram binti Milhan Radhiyallahu 'anhuma berkata: "Pada suatu hari, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidur dekat dariku. Kemudian beliau terbangun, lalu tersenyum. Aku bertanya: "Apa gerangan yang membuatmu tersenyum?" Beliau menjawab:

أُنَاسٌ مِنْ أُمَّتِي عُرِضُوا عَلَيَّ يَرْكَبُونَ هَذَا الْبَحْرَ الْأَخْضَرَ كَالْمُلُوكِ عَلَى الْأَسِرَّةِ

"Telah ditampakkan kepadaku beberapa orang dari umatku yang mengarungi samudera biru ini, laksana para raja di atas singgasananya!"

"Mohonlah kepada Allah agar aku termasuk golongan mereka!" pinta Ummu Haram. Lalu Rasulullah mendoakannya. Kemudian beliau tidur lagi. Dan beliau melakukan hal yang sama seperti sebelumnya, lalu Ummu Haram bertanya seperti di atas, dan Rasulullah menjawabnya seperti jawaban sebelumnya. Ummu Haram berkata,"Mohonlah kepada Allah agar aku termasuk golongan mereka," Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab,"Engkau termasuk golongan pertama (dari angkatan laut tersebut)!"

Kemudian Ummu Haram keluar berperang menyertai suaminya, yakni Ubadah bin Shamit Radhiyallahu 'anhuma, bersama pasukan angkatan laut yang pertama kali diberangkatkan di bawah kepemimpinan Mu'awiyah. Sekembalinya dari peperangan tersebut, mereka singgah di Syam, lalu diserahkan kepadanya seekor kuda tunggangan. Kuda tunggangan tersebut membuatnya jatuh, hingga ia meninggal Radhiyallahu 'anhuma.[5]

Di antara keutamaan Mu'awiyah, yaitu kedudukan beliau sebagai khalul (paman) kaum Mukmimin, sebab saudara perempuannya, Ummu Habibah Radhiyallahu 'anhuma, adalah isteri Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Keutamaan beliau lainnya, adalah kedudukan beliau sebagai penulis wahyu Rasul Rabbil 'Alamin. Sebagaimana disebutkan dalam Shahih Muslim, yakni ketika Abu Sufyan Radhiyallahu 'anhu berkata kepada Rasulullah: "Mu'awiyah aku angkat sebagai penulismu," Rasulullah menjawab,"Ya!" [6]

Beliau termasuk orang yang pintar dari kalangan umat ini. Ibnu Sa'ad meriwayatkan dalam ath Thabawat : "Affan bin Muslim meriwayatkan dari Wuhaib dari Daud dari Amir, ia berkata,'Hakim umat ini ada empat, (yaitu) Umar, Ali, Zaid dan Abu Musa Radhiyallahu 'anhum. Orang yang pintar (dari) umat ini ada empat, (yaitu) Amru bin al Ash, Mu'awiyah bin Abi Sufyan, al Mughirah bin Syu'bah dan Ziyad Radhiyallahu 'anhum '.[7]"

Khalifah Umar mengangkatnya sebagai Gubernur Syam, dan terus memegang jabatan itu pada masa kekhalifahan Utsman Radhiyallahu 'anhu. Beliau sangat pandai dalam mengendalikan pemerintahan, dan ahli dalam mengatur negara.

Imam al Bukhari meriwayatkan dalam Tarikh-nya, dari Ibrahim bin Musa dan Hisyam bin Yusuf dari Ma'mar, ia berkata: "Saya mendengar Hammam bin Munabbih meriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu 'anhuma, ia berkata: "Belum pernah saya menemukan orang yang paling ahli dalam mengatur pemerintahan selain Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu "[8]

Al Khallal meriwayatkan dalam kitab as Sunnah, dari jalur Abdul Malik al Maimuni, dari Abu Salamah dari Abdullah bin al Mubarak, dari Ma'mar dari Hammam bin Munabbih, ia berkata: "Saya telah mendengar Abdullah bin Abbas Radhiyallahu 'anhuma berkata,'Belum saya dapati orang yang lebih ahli dalam mengatur negara, selain Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu. Orang-orang mendatanginya dengan perasaan senang tanpa merasa sempit, tertekan, gelisah ataupun marah'."[9]

Al Khallal juga meriwayatkan dari jalur Muhammad bin Mukhallad bin Hafsh al Aththar dari Muhammad bin al Mutsanna, dari Nuh bin Yazid bin Sinan dari Ibrahim bin Sa'ad, dari Muhammad bin Ishaq dari Nafi' dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhuma , ia berkata: "Belum pernah aku melihat orang yang pintar memimpin setelah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, selain Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu," aku pun bertanya,"Apakah ia lebih pintar memimpin daripada Abu Bakar?" Ibnu Umar menjawab,"Abu Bakar lebih baik daripada Mu'awiyah."

"Apakah ia lebih pintar memimpin daripada Utsman?" tanyaku lagi. Ibnu Umar menjawab,"Semoga Allah merahmati Utsman, beliau lebih baik daripada Mu'awiyah, akan tetapi Mu'awiyah lebih pintar memimpin daripada Utsman."[10]

Sungguh beruntung Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu, karena telah menyertai Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau adalah salah seorang penulis wahyu, berjihad bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Terdapat hubungan kekerabatan dan hubungan ipar antara beliau dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Umar dan Utsman mengangkatnya sebagai Gubernur wilayah Syam. Pengangkatan sebagai Gubernur oleh Umar dan Utsman tersebut, sudah cukup menjadi bukti keutamaannya. Dan juga pujian Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma atas kedalaman fiqhnya, dan kecakapannya dalam mengatur negara.

Ibnu Umar melontarkan pernyataannya berkenaan dengan kesantunan Mu'awiyah, dan kecakapannya dalam memimpin. Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu telah melaksanakan tugas sebagai kepala negara dengan sebaik-baiknya. Beliau juga telah memimpin dunia dengan kesempurnaan akal, kedalaman kasih-sayangnya, keluasan jiwanya, dan dengan kekuatan pengaruh dan pemikirannya, ia telah membuat segenap kaum Muslimin ridha dengan kedermawanan dan kesantunannya.

PERKATAAN SEJUMLAH ULAMA TENTANG MU'AWIYAH
Ibnu Asakir dalam tarikhnya meriwayatkan dari jalur Malik bin Anas dari az Zuhri, ia berkata: "Saya pernah bertanya kepada Sa'id bin al Musayyib tentang sahabat Rasulullah. Beliau berkata kepadaku,'Dengarkanlah, hai Zuhri. Barangsiapa mati dalam keadaan mencintai Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, dan meyakini sepuluh orang sahabat yang telah dijamin masuk surga, memohon rahmat bagi Mu'awiyah, maka Allah pasti membebaskannya dari pertanyaan-pertanyaan saat hisab'."[11]

Ibnu Asakir juga meriwayatkan dari Qubaishah bin Jabir, ia berkata: "Belum pernah aku melihat orang yang paling besar kesantunannya, lebih banyak kemuliaannya, dan lebih lembut dalam mengambil keputusan, selain Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu"[12].

Ibnu Asakir meriwayatkan dari Mujahid, ia berkata: "Seandainya kalian melihat Mu'awiyah, niscaya kalian akan mengatakan 'Inilah Mahdi'."[13]

MU'AWIYAH LEBIH UTAMA DARIPADA UMAR BIN ABDUL AZIZ
Ibnu Asakir meriwayatkan dari Ibrahim bin Maisarah, ia berkata: "Belum pernah aku melihat Umar bin Abdul Aziz memukul seorangpun, kecuali seseorang yang mencaci Mu'awiyah. Beliau mencambuknya dengan beberapa kali cambukan".[14]

Ibnu Asakir meriwayatkan dari Muhammad bin Yahya bin Sa'id, ia berkata: Abdullah bin al Mubarak pernah ditanya tentang Mu'awiyah,"Apa pandanganmu tentangnya?" Beliau menjawab,"Apa yang harus kukatakan terhadap lelaki, yang ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengucapkan 'Allah mendengar hamba yang memujiNya', Mu'awiyah menyambutnya dari belakang 'Segala puji bagiMu, wahai Rabb kami'."

Lalu ada yang bertanya: "Apa pandanganmu terhadap Mu'awiyah, apakah menurutmu ia lebih utama daripada Umar bin Abdul Aziz?" Beliau berkata,"Sungguh celaka aku ini. Mu'awiyah yang telah menyertai Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, sudah tentu lebih utama dan lebih baik daripada Umar bin Abdul Aziz."[15]

Al Khatib meriwayatkan dalam tarikhnya, dari Rabbah bin al Jarrah al Maushili, ia berkata: Saya pernah mendengar seorang lelaki bertanya kepada al Mu'aafi bin Imran: "Wahai, Abu Mas'ud. Bagaimanakah kedudukan Umar bin Abdul Aziz dibandingkan dengan Mu'awiyah bin Abi Sufyan?" Mendangar perkataan itu, ia marah besar dan berkata: "Sahabat Nabi tidak dapat dibandingkan dengan siapapun. Mu'awiyah adalah sahabat Rasulullah, ipar beliau, penulis beliau, orang kepercayaan beliau dalam menulis wahyu Allah Azza wa Jalla"[16].

Ibnu Asakir meriwayatkan dari Isa bin Khalifah al Hadzdza', ia berkata: Suatu ketika al Fadhl bin Anbasah duduk bersamaku di sebuah toko. Lalu ia ditanya: "Manakah yang lebih utama, Umar bin Abdul Aziz ataukah Mu'awiyah?" Diapun menunjukkan keheranannya terhadap pertanyaan itu, lalu berkata: "Subhaanallah, patutkah disamakan orang yang telah melihat Rasulullah dengan orang yang belum pernah melihat beliau?" Ia mengulangi ucapan itu tiga kali.[17]

Ibnu Asakir meriwayatkan dari al Fadhl bin Ziyad, ia berkata: Saya mendengar Abu Abdillah ditanya tentang seseorang yang merendahkan Mu'awiyah dan Amru bin al Ash Radhiyallahu 'anhuma , apakah boleh ia dikatakan Rafidhi (pengikut paham Rafidhah)? Dia berkata,"Sungguh, hanya orang yang menyimpan i'tikad buruk sajalah yang berani mencela keduanya. Sungguh, hanya orang yang menyimpan i'tikad buruk sajalah yang mau membenci salah seorang sahabat Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam."[18]

Itulah Mu'awiyah dan beberapa keutamaan beliau, serta pernyataan para ulama tentangnya. Sungguh celaka orang yang mencela dan membencinya, bahkan sampai menuduhnya munafik, wal iyadzu billah!

Sebagian orang-orang sesat dan menyimpang dari jalan yang benar, adakalanya menulis atau berkomentar tentang sahabat Nabi. Kita lihat, secara zhahir mereka itu fasik. Bahkan mungkin tidak mengerjakan shalat di masjid. Lantas, patutkah orang seperti ini berkomentar tentang sebaik-baik khalifah setelah para nabi dan rasul? Sampai-sampai mereka mengeluarkan Mu'awiyah dan orang-orang yang masuk Islam setelah penaklukan kota Makkah dari deretan sahabat Nabi? Tidak menganggap mereka sebagai sahabat. Menurut mereka, sahabat itu hanyalah kaum Muhajirin dan Anshar saja, adapun selain mereka tidak termasuk orang-orang yang shalih dan lurus?!

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya, dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mendatangi pekuburan, lalu berkata:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ وَدِدْتُ أَنَّا قَدْ رَأَيْنَا إِخْوَانَنَا قَالُوا أَوَلَسْنَا إِخْوَانَكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَنْتُمْ أَصْحَابِي وَإِخْوَانُنَا الَّذِينَ لَمْ يَأْتُوا بَعْدُ فَقَالُوا كَيْفَ تَعْرِفُ مَنْ لَمْ يَأْتِ بَعْدُ مِنْ أُمَّتِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَقَالَ أَرَأَيْتَ لَوْ أَنَّ رَجُلًا لَهُ خَيْلٌ غُرٌّ مُحَجَّلَةٌ بَيْنَ ظَهْرَيْ خَيْلٍ دُهْمٍ بُهْمٍ أَلَا يَعْرِفُ خَيْلَهُ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِنَّهُمْ يَأْتُونَ غُرًّا مُحَجَّلِينَ مِنَ الْوُضُوءِ وَأَنَا فَرَطُهُمْ عَلَى الْحَوْضِ أَلَا لَيُذَادَنَّ رِجَالٌ عَنْ حَوْضِي كَمَا يُذَادُ الْبَعِيرُ الضَّالُّ أُنَادِيهِمْ أَلَا هَلُمَّ فَيُقَالُ إِنَّهُمْ قَدْ بَدَّلُوا بَعْدَكَ فَأَقُولُ سُحْقًا سُحْقًا

"Salam kesejahteraan atas kalian, wahai penghuni perkampungan kaum Mukminin. Dan aku Insya Allah akan menyusul kalian. Sungguh aku sangat merindukan untuk bertemu dengan saudara-saudara kita," para sahabatpun bertanya: "Bukankah kami ini saudara-saudaramu?" Beliau menjawab,"Kalian adalah para sahabatku, sedangkan saudara-saudara kita adalah mereka yang datang kemudian."
Mereka bertanya,"Bagaimana engkau dapat mengenali umatmu yang belum muncul, wahai Rasulullah?"
Beliau menjawab,"Bagaimana pendapat kalian tentang seorang lelaki yang memiliki seekor kuda yang terdapat bercak putih di antara kuda-kuda hitam pekat? Bukankah ia dapat mengenali kudanya itu?"
"Tentu saja, wahai Rasulullah!" jawab kami.
Rasul melanjutkan: "Sungguh mereka akan datang dengan tanda putih karena air wudhu'. Dan akulah yang mendahului kalian tiba di Haudh (telaga). Ketahuilah, ada beberapa orang yang terlempar dari Haudhku, sebagaimana terlemparnya unta yang hilang. Aku memanggil mereka: 'Kemarilah,' lalu dikatakan kepadaku,'Sesungguhnya, sepeninggalmu, mereka telah merobah-robah agama,' maka kukatakan,'Menjauhlah, menjauhlah'."[19]

Setiap mukmin yang datang setelah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak termasuk sahabat. Yang disebut sahabat adalah, setiap mukmin yang telah bertemu dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan mati di atas keimanan.

Itulah pengertian yang dipahami sahabat, sebagaimana katakan oleh Abdullah bin Abbas Radhillahu 'anhuma tentang Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu.

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya, dari Abu Sa'id al Khudri Radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Mu'awiyah pergi keluar untuk menemui sebuah majelis di dalam masjid. Beliau bertanya,"Apa tujuan kalian mengadakan majelis ini?"

"Kami mengadakannya untuk mengingat Allah," jawab mereka.

"Demi Allah, benarkah itu yang menjadi tujuan kalian?" tanya Mu'awiyah.

"Demi Allah, untuk tujuan itulah kami mengadakannya!" balas mereka.

Maka Mu'awiyah pun berkata: "Sesungguhnya saya meminta kalian bersumpah bukan karena curiga kepada kalian. Sungguh, tidak ada seorangpun yang sama kedudukannya denganku di hadapan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang lebih sedikit haditsnya daripadaku. Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam keluar untuk mendatangi majelis sahabat-sahabat beliau. Beliau berkata','Apakah tujuan kalian mengadakan majelis ini?' Mereka menjawab,'Kami duduk di sini untuk mengingat Allah, memujiNya atas hidayah Islam yang telah diberikanNya kepada kami'. Beliau berkata,'Demi Allah, benarkah itu yang menjadi tujuan kalian?' Mereka berkata,'Demi Allah, itulah yang menjadi tujuan kami!', Beliau lalu berkata:

أَمَا إِنِّي لَمْ أَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ وَلَكِنَّهُ أَتَانِي جِبْرِيلُ فَأَخْبَرَنِي أَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يُبَاهِي بِكُمُ الْمَلَائِكَةَ

"Sesungguhnya aku meminta kalian bersumpah bukan karena curiga kepada kalian, akan tetapi Jibril tadi mendatangiku dan mengabarkan kepadaku, bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala memuji kalian di hadapan para malaikatnya".[20]

Sabda Nabi "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam keluar untuk mendatangi majelis sahabat-sahabat beliau" berlaku umum untuk seluruh sahabat Nabi Radhiyallahu ánhu ajma'in yang hadir saat itu, dan salah satunya ialah Mu'awiyah.

Namun apabila hati telah menyimpan benih kemunafikan dan kesesatan, maka kebencian pertama akan tertuju kepada para sahabat Nabi yang terpilih.

Kita lihat, ia begitu wara' mengomentari orang-orang kafir, para thaghut, ahli bid'ah dan orang sesat. Lalu lisannya menghamburkan kata-kata makian dan cacian terhadap sahabat Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Sahabat pertama yang menjadi sasaran celaan adalah Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu, sebagaimana dikatakan oleh Abdullah bin al Mubarak: "Mu'awiyah telah menjadi batu ujian bagi kami. Siapa saja yang kami lihat mengomentari Mu'awiyah dengan komentar negatif, maka kamipun mencurigai sikapnya terhadap seluruh sahabat, yakni sahabat Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam"[21].

Al Khathib meriwayatkan dalam kitab Tarikh Baghdad, dari jalur Utsman bin Sa'id, ia berkata: Saya mendengar ar Rabi' bin Nafi' berkata: "Mu'awiyah bin Abi Sufyan adalah tirai bagi sahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam lainnya. Siapa saja yang berani menyingkap tirai itu, maka ia akan berani menjamah apa saja yang ada dibaliknya".[22]

Imam Ahmad pernah ditanya oleh seorang lelaki: "Saya mempunyai paman, yang menurut berita ia merendahkan Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu. Kadangkala aku makan bersamanya," Abu Abdillah (Ahmad) segera memotong,"Jangan makan bersamanya!" [23]

Ibnu Asakir meriwayatkan dari jalur Ahmad bin Zakaria bin Yahya as Saaji, ia berkata: Saya mendengar Musa bin Harun berkata: "Sejumlah ahli ilmu menyampaikan kepadaku, bahwa Waki' pernah berkata,'Mu'awiyah ibarat daun pintu. Siapa saja yang menggesernya (menyinggungnya), maka kami akan mencurigainya'."[24]

PERSELISIHAN ANTARA ALI DAN MU'AWIYAH SERTA PENDIRIAN AHLU SUNNAH DALAM MENYIKAPINYA
Tidak syak lagi, bahwasanya Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'anhu dan orang-orang yang menyertainya lebih patut dikatakan sebagai kelompok yang benar daripada yang lainnya.

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya (1065) dari hadits al Qasim bin al Fadhl al Haddani, dari Abu Nadhrah dari Abu Sa'id Radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

تَمْرُقُ مَارِقَةٌ عِنْدَ فُرْقَةٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ يَقْتُلُهَا أَوْلَى الطَّائِفَتَيْنِ بِالْحَقِّ

"Kelak akan muncul satu kelompok yang menyempal ketika terjadi pertikaian di antara kaum Muslimin. Kelompok itu akan diperangi oleh kelompok yang lebih mendekati kebenaran dari dua kelompok (yang bertikai itu)"

Abu Zakaria an Nawawi berkata di dalam Syarah Shahih Muslim (VII/168): "Riwayat-riwayat ini secara tegas menjelaskan, bahwa Ali Radhiyallahu 'anhu berada di pihak yang benar. Sementara kelompok lain, para pengikut Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu tergolong kelompok yang menyempal, karena takwil keliru. Hadits itu juga menjelaskan, kedua kelompok tersebut tergolong mukmin, tidak keluar dari lingkaran keimanan karena perang tersebut, dan tidak pula disebut fasik. Itulah pendapat kami."

Abul Abbas Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata di dalam Majmu' Fatawa (IV/467): "Hadits ini, secara tegas menunjukkan bahwa kedua kelompok yang berperang itu, yakni kelompok Ali dan orang-orang yang menyertainya, serta Mu'awiyah dan orang-orang yang menyertainya, berada di atas kebenaran. Dan sesungguhnya, Ali dan sahabat-sahabatnya lebih mendekati kebenaran daripada Mu'awiyah dan sahabat-sahabatnya". Ibnul Arabi juga mengeluarkan pernyataan senada dalam kitab al Awashim halaman 307.

 Abul Fida' Ibnu Katsir dalam al Bidayah wan Nihayah [25] (X/563) berkata: "Hadits ini termasuk mu'jizat kenabian, sebab benar-benar telah terjadi seperti yang dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Di dalamnya juga disebutkan, kedua kelompok yang bertikai itu, yakni penduduk Syam dan penduduk Iraq, masih tergolong muslim. Tidak seperti anggapan kelompok Rafidhah, orang-orang jahil lagi zhalim, yang mengkafirkan penduduk Syam. Dalam hadits itu juga disebutkan, kelompok Ali paling mendekati kebenaran; itulah madzhab Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Yakni Ali berada di pihak yang benar, dan Mu'awiyah memeranginya karena ijtihad yang keliru, dan ia berhak mendapat satu pahala atas kesalahan ijtihad itu, insya Allah. Sedangkan Ali Radhiyallahu 'anhu adalah imam yang sah, berada di pihak yang benar insya Allah, dan berhak mendapat dua pahala".

 Demikianlah madzhab Ahlu Sunnah wal Jama'ah, yaitu Ali Radhiyallahu 'anhu berada di pihak yang benar. Adapun Mu'awiyah yang memerangi Ali telah salah dalam ijtihadnya, dan ia mendapat satu pahala atas kesalahan ijtihadnya tersebut, insya Allah. Sebagaimana disebutkan dalam Shahih al Bukhari [26], dari hadits Amru bin al Ash Radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا َاجْتَهَدَ الْحَاكِمُ فَأَصَابَ فَلَهُ أَجْرَانِ وَإِذََا اجْتَهَدَ ثُمَّ أَخْطَأَ فَلَهُ أَجْرٌ

"Jika seorang hakim berijtihad lalu benar, maka ia berhak mendapat dua pahala, namun jika ia berijtihad lalu salah, maka ia mendapat satu pahala"

Hadits di atas lebih dijelaskan lagi oleh hadits yang diriwayatkan oleh Imam al Bukhari dalam Shahih-nya (3609) dan Muslim (2214) dari jalur Ma'mar dari Hammam dari Abu Hurairah dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَقْتَتِلَ فِئَتَانِ عَظِيمَتَانِ وَتَكُونُ بَيْنَهُمَا مَقْتَلَةٌ عَظِيمَةٌ وَدَعْوَاهُمَا وَاحِدَةٌ

"Tidak akan datang hari Kiamat hingga muncul dua kelompok yang saling berperang dan akan terjadi pertumpahan darah yang hebat, sedangkan dakwah keduanya sama".

Hadits ini menjelaskan hadits sebelumnya, Abul Fida' Ibnu Katsir berkata di dalam al Bidayah wan Nihayah (IX/192): "Kedua kelompok itu adalah dua kelompok yang terlibat dalam peperangan Jamal dan Shifin. Karena kala itu, dakwah ke dua kelompok tersebut sama. Yakni sama-sama menyeru kepada Islam. Mereka hanya berselisih pendapat tentang masalah kekuasaan, dan dalam menetapkan mashlahat bagi umat dan segenap rakyat. Tidak terlibat dalam peperangan itu adalah lebih utama, daripada melibatkan diri ke dalamnya. Itulah madzhab jumhur sahabat".

PERDAMAIAN ANTARA MU'AWIYAH DAN AL HASAN BIN ALI
Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu secara resmi memegang tampuk kekhalifahan setelah al Hasan bin Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'anhuma mengundurkan diri demi menghentikan pertumpahan darah di antara kaum Muslimin.

Imam al Bukhari meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, dari jalur Abdullah bin Muhammad dari Sufyan dari Abu Musa, ia berkata:

Saya mendengar al Hasan berkata: "Demi Allah, al Hasan bin Ali mendatangi Mu'awiyah dengan membawa pasukan besar laksana gunung".

Amru bin al Ash berkata,"Menurutku pasukan ini tidak akan kembali hingga menghancurkan lawannya".

Mu'awiyah –beliau adalah sebaik-baik orang- berkata kepadanya: "Hai, Amru. Jika kedua pasukan ini saling bunuh, lantas siapakah yang akan mengatur urusan kaum Muslimin? Siapakah yang melindungi para wanita muslimah? Siapakah yang melindungi harta benda mereka?" maka Mu'awiyah mengutus dua orang Quraisy dari Bani Abdi Syams kepada al Hasan, yakni Abdurrahman bin Samurah dan Abdullah bi Amir bin Kuraiz.

Mu'awiyah berkata kepada mereka berdua: "Temuilah ia, tawarkanlah (perdamaian) kepadanya. Katakanlah kepadanya dan mintalah agar ia menerimanya," maka kedua utusan itupun menemui al Hasan dan mengutarakan maksudnya, dan memintanya agar menerima tawaran mereka. Lalu al Hasan bin Ali berkata kepada mereka berdua: "Kami dari kabilah Bani Abdul Muththalib telah memperoleh harta ini, dan sesungguhnya umat ini telah tertumpah darahnya".

Keduanya berkata,"Sesungguhnya Mu'awiyah menawarkan ini dan ini kepadamu, ia meminta agar Anda menerimanya."

Al Hasan berkata,"Siapakah yang akan mendukungku?"

"Kamilah yang mendukungmu," jawab mereka berdua.

Setiap kali al Hasan menanyakan hal itu, keduanya menjawab: "Kamilah yang mendukungmu, berdamailah dengannya!"

Al Hasan berkata : "Saya mendengar Abu Bakrah berkata,'Aku pernah melihat Rasulullah di atas mimbar, sementara al Hasan bin Ali di sisi beliau. Kadangkala Rasulullah menatap al Hasan, dan kadangkala menatap para hadirin, lalu (beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam) berkata:

إِنَّ ابْنِي هَذَا سَيِّدٌ وَلَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يُصْلِحَ بِهِ بَيْنَ فِئَتَيْنِ عَظِيمَتَيْنِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ

 "(Sesungguhnya cucuku ini adalah sayyid. Mudah-mudahan dengannya Allah akan mendamaikan dua kelompok besar kaum Muslimin yang bertikai)"[27].

Demikianlah Allah menghindarkan terjadinya peperangan di antara kaum Mukminin melalui as Sayyid al Hasan bin Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'anhu. Al Hasan menyerahkan tampuk kekhalifahan kepada Mu'awiyah dan membaiatnya untuk menegakkan kitabullah dan Sunnah NabiNya. Maka Mu'awiyah pun memasuki Kufah, dan kaum Muslimin membaiatnya. Dalam sejarah Islam, tahun itu disebut tahun Jama'ah; karena pada tahun itu kaum Muslimin bersatu. Semua orang yang sebelumnya menghindarkan diri dari fitnah, mereka turut membaiat Mu'awiyah, seperti Sa'id bin Abi Waqqash, Abdullah bin Umar, Muhammad bin Maslamah dan lainnya.

Abul Fadhl Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (6613) menjelaskan hadits di atas sebagai berikut :

1). Menerangkan salah satu mu'jizat kenabian.
2). Menerangkan keutamaan al Hasan bin Ali Radhiyallahu 'anhu yang telah mengundurkan diri dari tampuk kekhalifahan bukan karena sedikit pendukung atau kalah, dan bukan pula karena kesalahan, namun semata-mata mengharap balasan di sisi Allah, ketika beliau melihat hal itu dapat menghentikan pertumpahan darah di antara kaum Muslimin. Beliau lebih mengedepankan kemashlahatan agama dan kemashlahatan umat.
3). Bantahan terhadap kelompok Khawarij yang mengkafirkan Ali dan orang-orang yang menyertai beliau serta mengkafirkan Mua'wiyah dan orang-orang yang bersama beliau. Padahal Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah menyatakan bahwa kedua kelompok itu masih tergolong muslim.
4). Keutamaan usaha perdamaian di antara manusia, terutama demi memelihara darah kaum Muslimin.
5). Bukti kasih-sayang Mu'awiyah kepada rakyatnya dan kasih-sayangnya terhadap kaum Muslimin, ketajaman pandangannya dalam mengatur negara dan kearifan beliau dalam melihat akibat yang akan terjadi.

Perkataan Ibnu Hajar "Bukti kasih sayang Mu'awiyah kepada rakyatnya ......" didasarkan atas pujian Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap pengunduran diri al Hasan dari tampuk kekhalifahan dan menyerahkannya kepada Mu'awiyah sebagaimana telah dijelaskan terdahulu.

MU'AWIYAH TIDAKLAH MEMBENCI ALI, AL-HASAN DAN AHLI BAIT
 Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu juga memuliakan dan menghormati al Hasan. Ia sering mengirim hadiah setiap tahun sebanyak seratus ribu dirham. Al Hasan pernah datang mengunjunginya, lalu Mu'awiyah memberinya hadiah sebanyak empat ratus ribu dirham.[28]

AQIDAH SALAF DALAM MENYIKAPI PERTIKAIAN YANG TERJADI DI ANTARA SAHABAT
Allah berfirman:
"Sesungguhnya Allah telah menerima taubat Nabi, orang-orang Muhajirin dan orang-orang Anshar, yang mengikuti Nabi dalam masa kesulitan, setelah hati segolongan dari mereka hampir berpaling, kemudian Allah menerima taubat mereka itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada mereka" [at Taubah/9:117]

Berkaitan dengan larangan mencampuri pertikaian besar di antara sahabat, Ibnu Baththah rahimahullah berkata :

"Kita harus menahan diri dari pertikaian yang terjadi di antara sahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebab mereka telah melalui berbagai peristiwa bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sllam, dan telah mendahului yang lainnya dalam hal keutamaan. Allah telah mengampuni mereka dan memerintahkan agar memintakan ampunan untuk mereka, dan mendekatkan diri kepadaNya dengan mencintai mereka. Semua itu Allah wajibkan melalui lisan RasulNya. Allah Maha Tahu apa yang bakal terjadi, bahwasanya mereka akan saling berperang. Mereka memperoleh keutamaan daripada yang lainnya, karena segala kesalahan dan kesengajaan mereka telah dimaafkan. Semua pertikaian yang terjadi di antara mereka telah diampuni. Janganlah lihat komentar-komentar negatif tentang peperangan Shiffin, Jamal, peristiwa di kediaman Bani Sa'idah dan pertikaian-pertikaian lain yang terjadi di antara mereka. Janganlah engkau tulis untuk dirimu atau untuk orang lain. Janganlah engkau riwayatkan dari seorangpun, dan jangan pula membacakannya kepada orang lain, dan jangan pula mendengarkannya dari orang yang meriwayatkannya.

 Itulah perkara yang disepakati oleh para ulama umat ini. Mereka sepakat melarang perkara yang kami sebutkan tersebut. Di antara ulama-ulama tersebut adalah: Hammad bin Zaid, Yunus bin Ubaid, Sufyan ats Tsauri, Sufyan bin Uyainah, Abdullah bin Idris, Malik bin Anas, Ibnu Abi Dzi'b, Ibnul Munkadir, Ibnul Mubarak, Syu'aib bin Harb, Abu Ishaq al Fazari, Yusuf bin Asbath, Ahmad bin Hambal, Bisyr bin al Harits dan Abdul Wahhab al Warraq, mereka semua sepakat melarangnya, melarang melihat dan mendengar komentar tentang pertikaian tersebut. Bahkan mereka memperingatkan orang yang membahas dan berupaya mengumpulkannya. Banyak sekali perkataan-perkataan yang diriwayatkan dari mereka yang ditujukan kepada orang-orang yang melakukannya, dengan lafal bermacam-macam namun maknanya senada; intinya membenci dan mengingkari orang yang meriwayatkan dan mendengarnya".[29]

 Apabila Umar bin Abdul Aziz ditanya tentang peperangan Shiffin dan Jamal, beliau berkata: "Urusan yang Allah telah menghindarkan tanganku darinya, maka aku tidak akan mencampurinya dengan lisanku!"[30]

Al Khallal meriwayatkan dari jalur Abu Bakar al Marwadzi, ia berkata: "Ada yang berkata kepada Abu Abdillah, ketika itu kami berada di tengah pasukan dan kala itu datang pula seorang utusan khalifah, yakni Ya'qub, ia berkata: "Wahai Abu Abdillah, apa komentar Anda tentang pertikaian yang terjadi antara Ali dan Mu'awiyah?"

 Abu Abdillah menjawab,"Aku tidak mengatakan kecuali yang baik, semoga Allah merahmati mereka semua."[31]

 Imam Ahmad menulis surat kepada Musaddad bin Musarhad yang isinya: "Menahan diri dari memperbincangkan kejelekan sahabat. Bicarakanlah keutamaan mereka dan tahanlah diri dari membicarakan pertikaian di antara mereka. Janganlah berkonsultasi dengan seorangpun dari ahli bid'ah dalam masalah agama, dan janganlah menyertakannya dalam perjalananmu".[32]

Imam Ahmad juga menulis surat kepada Abdus bin Malik tentang pokok-pokok dasar Sunnah. Beliau menuliskan di dalam suratnya:
 "Termasuk pokok dasar, (yaitu) barangsiapa melecehkan salah seorang sahabat Nabi atau membencinya karena kesalahan yang dibuat atau menyebutkan kejelekannya, maka ia termasuk mubtadi' (ahli bid'ah), hingga ia mendoakan kebaikan dan rahmat bagi seluruh sahabat dan hatinya tulus mencintai mereka"[33]
.
Abu Utsman Ismail bin Abdurrahman ash Shaabuni rahimahullah berkata di dalam Aqidah Salaf Ashhabul Hadits : "Ahlu Sunnah memandang, wajib menahan diri dari mencampuri pertikaian di antara sahabat Rasul. Menahan lisan dari perkataan yang mengandung celaan dan pelecehan terhadap para sahabat".

Dalam kitab Lum'atul I'tiqad, Ibnu Qudamah al Maqdisi berkata: "Termasuk Sunnah Nabi adalah, menahan diri dari menyebutkan kejelekan-kejelekan para sahabat dan pertikaian di antara mereka. Serta meyakini keutamaan mereka dan mengenal kesenioran mereka".

Dalam kitab Aqidah Wasithiyah, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata: "Ahlus Sunnah wal Jama'ah menahan diri dari memperbincangkan pertikaian di antara para sahabat. Mereka mengatakan, riwayat-riwayat yang dinukil tentang kejelekan mereka, sebagiannya ada yang dusta, ada yang ditambah-tambah dan dikurangi serta dirobah-robah dari bentuk aslinya. Berdasarkan sikap yang benar, para sahabat dimaafkan kesalahannya. Mereka itu adalah alim mujtahid, yang kadangkala benar dan kadangkala salah".

Imam al Asy'ari dalam kitab al Ibanah mengatakan: "Adapun yang terjadi antara Ali, az Zubair dan 'Aisyah Radhiyallahu 'anhum adalah bersumber dari takwil dan ijtihad. Ali adalah pemimpin, sedangkan mereka semua termasuk ahli ijtihad. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah menjamin mereka masuk surga dan mendapat syahadah (mati syahid). Itu menunjukkan bahwa, ijtihad mereka benar. Demikian pula yang terjadi antara Ali dan Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhuma, juga bersumber dari takwil dan ijtihad. Semua sahabat adalah imam dan orang-orang yang terpercaya, bukanlah orang yang dicurigai agamanya".

Al Qadhi Iyadh berkata dalam karyanya, Syarah Shahih Muslim: "Mu'awiyah termasuk sahabat yang shalih dan termasuk sahabat yang utama. Adapun peperangan yang terjadi antara dirinya dengan Ali, dan pertumpahan darah yang terjadi di antara para sahabat, maka sebabnya adalah takwil dan ijtihad. Mereka semua berkeyakinan bahwa ijtihad mereka tepat dan benar".

Al Qahthaani berkata dalam Nuniyah-nya:
Ucapkanlah sebaik-baik perkataan pada sahabat Muhammad
Pujilah seluruh ahli bait dan isteri beliau
Tinggalkanlah pertikaian yang terjadi di antara sahabat
Saat mereka saling bertempur dalam sejumlah pertempuran
Yang terbunuh maupun yang membunuh
sama-sama dari mereka dan untuk mereka
Kedua pihak akan dibangkitkan pada hari berbangkit
dalam keadaan dirahmati
Allah akan membangkitkan mereka semua pada Hari Mahsyar
dan mencabut kebencian yang tersimpan dalam dada mereka!

Hafizh al Hikmi berkata dalam Sullamul Wushul ila Ilmil Ushul:
Kemudian wajib menahan diri dari pertikaian di antara mereka
Yang mana hal tersebut telah berjalan menurut takdir ilahi
Mereka semua adalah mujtahid yang pasti mendapat pahala
Sementara kesalahan mereka diampuni Allah Yang Maha Memberi.

Demikian penjelasan singkat mengenai sikap Ahlus Sunnah wal Jamaah terhadap pertikaian yang terjadi antara Sahabat Mu'awiyah dan Ali Radhiyallahu 'anhuma. Begitu pula sikap kita kepada para sahabat Nabi n secara keseluruhan.
Wallahu a’lam bish shawab.

 ________
Footnote
[1]. HR Ahmad dalam Musnad-nya, IV/216; at Tirmidzi, 3842; al Ajurri, 1915; Abu Nu'aim dalam Ma'rifatush Shahabah, 4634; dan al Bukhari dalam at Tarikh, V/240.
Ibnu Asakir mengulas secara panjang lebar tentang hadits ini dan jalur-jalur sanadnya dalam kitab Tarikh-nya, pada catatan biografi Mu'awiyah z . Beliau condong kepada keshahihan hadits ini. Hadits ini juga dinyatakan hasan oleh Ibnu Hajar al Haitsami (626). Demikian pula telah dinyatakan shahih oleh Ibnu Katsir dalam al Bidayah wan Nihayah pada catatan biografi Mu'awiyah z . Sanad hadits ini shahih, semua perawinya tsiqah.
Imam adz Dzahabi berkata dalam kitab as Siyar, setelah menyebutkan beberapa hadits: "Hadits-hadits ini muqarabah (yakni lebih dekat kepada hadits shahih, maksudnya hasan)". Lihat Siyar A'lamun Nubala', III/124.
Al Jurqaani berkata dalam kitab al Abaathil (I/193): "Hadits ini hasan"
[2]. HR al Bukhari, 3765.
[3]. HR al Bukhari, 3764.
[4]. HR al Bukhari, 2924.
[5]. HR al Bukhari, 2799 dan Muslim, 1912.
[6]. HR Muslim, 2501 dan Musnad Ahmad, I/291. Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu 'anhuma , bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata: "Pergi dan panggillah Mu'awiyah kemari!" karena ia adalah penulis Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Sanadnya shahih.
[7]. Thabaqat Ibnu Sa'ad, II/351, sanadnya shahih.
[8]. Tarikh Kabir, karya al Bukhari, VII/327, sanadnya shahih. Diriwayatkan juga oleh Abdurrazzaq dalam al Mushannaf, 20985 dari jalur Ma'mar dari Hammam.
[9]. As Sunnah, karya al Khallal, 677 dan Tarikh Dimasyqi, karya Ibnu Asakir, 59/175, dengan sanad shahih.
[10]. As Sunnah, karya al Khallal, 10679; Ibnu Adi dalam al Kamil, VI/110; dan Tarikh Dimasyqi, karya Ibnu Asakir, 59/174; banyak lagi jalur yang lain bagi riwayat ini, dan sanadnya hasan.
[11]. Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/207 dan al Bidayah wan Nihayah, VIII/139.
[12]. Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/178.
[13]. Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/172; diriwayatkan juga oleh al Khallal dalam as Sunnah, 669; dan ia juga menukil perkataan di atas dari Qatadah, 668.
[14]. Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/211 dan al Bidayah wan Nihayah, VIII/139.
[15]. Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/209 dan al Bidayah wan Nihayah, VIII/139.
[16]. Al Khatib al Baghdadi dalam Tarikh Baghdad, I/223 dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/208. Al Khallal meriwayatkan pula jalur lain dalam kitab as Sunnah, 664.
[17]. Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/208.
[18]. Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/210; as Sunnah, karya al Khallal, 690; dan Ibnu Katsir dalam al Bidayah wan Nihayah, VIII/139.
[19]. HR Muslim, 249.
[20]. HR Muslim, 2701. Lihat juga Tarikh, Ibnu Asakir, 59/206; dan juga perkataan Umar bin al Khaththab Radhiyallahu 'anhu ketika seorang Arab Badui menyerang sahabat Anshar dengan kata-kata. Umar berkata,"Sekiranya dia bukan sahabat Nabi, niscaya cukuplah aku yang menyelesaikannya. Akan tetapi, ia masih termasuk sahabat Nabi."
[21]. Tarikh, Ibnu Asakir, 59/208 dan al Bidayah wan Nihayah, VIII/139.
[22]. Al Khathib al Baghdadi dalam Tarikh Baghdad, I/223; Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyqi, 59/209; dan al Bidayah wan Nihayah, VIII/139.
[23]. As Sunnah, karya al Khallal, 693.
[24]. Tarikh Dimasyqi, karya Ibnu Asakir, 59/210.
[25]. Ditahqiq oleh Abdullah at Turki. Beliau memaparkan beberapa perbedaan yang terdapat dalam sejumlah naskah, namun perbedaan itu tidak terlalu serius.
[26]. Shahih al Bukhari, hadits nomor 7352.
[27]. HR al Bukhari, 2704.
[28]. Tarikh Dimasyqi, XIII/166.
[29]. Al Ibanah, karya Ibnu Baththah, halaman 268. Bagi yang ingin mengetahui penjelasan lebih lengkap, silakan lihat kitab as Sunnah, karya al Khallal. Beliau telah menulis sebuah bab dalam kitab tersebut, tentang teguran keras terhadap orang yang menulis riwayat-riwayat yang berisi hujatan terhadap sahabat Nabi.
[30]. As Sunnah, karya al Khallal, 717.
[31]. As Sunnah, karya al Khallal, 713.
[32]. Thabaqaatul Hanaabilah, I/344.
[33]. Thabaqaatul Hanaabilah, I/345.


-----------------

Sumber: almanhaj.or.id dan almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment